Minggu, 27 Maret 2011

Tugas Akhir: QoS audio dan video streaming pada MobileIPv6

Pada saat ini makin banyak masyarakat memanfaatkan internet atau jaringan lokal tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi jarak jauh secara real time, baik itu lewat suara atau gambar. Salah satu layanan yang dapat melakukan hal tersebut adalah audio dan video streaming. Hal ini juga didukung dengan semakin berkembangnya peralatan bergerak dengan koneksi internet atau bisa disebut juga sebagai mobile node yang mulai mendukung layanan audio dan video streaming tersebut.

Audio dan video streaming bisa dilakukan oleh mereka yang terhubung ke internet atau jaringan lokal yang ada. Namun, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi yang membutuhkan layanan ini, maka diperlukan untuk tetap terkoneksi ke internet atau jaringan yang ada dimana dan kapan saja, sehingga tidak kehilangan koneksi ketika berpindah jaringan. Hal ini dapat dibantu dengan adanya dukungan dari Ipv6 yaitu mobileIPv6, yang memungkinkan komunikasi dari suatu mobile node dengan suatu host yang terhubung dengan internet dapat terjadi, meskipun mobile node tersebut berada jauh dari home address nya.

Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan analisis Quality of Service (QoS) audio dan video streaming terhadap jaringan mobileIpv6, meliputi paramater QoS yaitu delay, jitter, packet loss, dan througput. QoS dari audio dan video streaming harus lah diperhatikan agar para pengguna merasa puas dalam mengggunakanya. Dengan analisis ini diharapkan para pengguna teknologi audio dan video streaming melalui jaringan mobileIpv6 ini mengetahui sejauh mana kualitas nya untuk dapat digunakan.

Download: QoS audio dan video streaming pada MobileIPv6

0 komentar: