Jumat, 16 Maret 2012

Memilih Spesifikasi Komputer dengan Bijak


Pada saat beberapa hari yang lalu, saya tersadar akan suatu hal yang penting dalam memilih spesifikasi komputer mungkin bisa dibilang saya tidak pernah menyadari. Dalam memilih komputer kita hendak nya memahami keterkaitan antara komponen hardware, seperti mobo, proc, dan juga memory. Keterkaitan ini seperti kecepatan FSB mobo dengan kecepatan memory dan juga kecepatan proc nya sendiri.

Front Side Bus, disingkat dengan FSB adalah kecepatan bus atau kecepatan jalur yang menghubungkan antara prosesor dengan motherboard, atau lebih tepatnya antara prosesor dengan chip north bridge pada motherboard. North bridge adalah chip perantara antara Motherboard dengan processor. Sebagai contoh, processor Pentium 4 yang mengisyaratkan FSB sebesar 400 MHz artinya kecepatan komunikasi antara Motherboard dengan Processor melalui north bridge adalah 400 MHz perdetik.

Kesesuian  dengan kecepatan transfer memory pada mobo juga harus disesuaikan dengan kecepatan nya RAM, karena setiap Mobo mempunyai dukungan kecepatan tertentu.

Berikut contoh spesifikasi komputer yang diperuntukan untuk programming:















0 komentar: